Tumbuh kembang yang normal pada bayi usia 7 bulan

Fase pertumbuhan merupakan fase yang penting dalam keseluruhan fase kehidupan seorang manusia. Tidak terkecuali pada bayi. Bayi yang cenderung proses tumbuh kembangnya jauh lebih cepat daripada manusia dewasa, tentunya membutuhkan perhatian khusus terhadap tahap ini. Dengan memberikan perhatian lebih pada pertumbuhan si bayi, sang ibu dapat memantau apakah pertumbuhan si bayi masuk kategori normal. Tentunya, semua ibu di dunia ini berharap pertumbuhan tubuh yang terjadi pada bayi mereka masuk ke dalam kategori pertumbuhan yang normal. Lantas, bagaimankah normalnya perkembangan bayi usia 7 bulan ? Nah, jika si kecil kesayangan ibu saat ini berusia 7 bulan, mari berkenalan dengan berbagai hal seperti apa saja tumbuh kembang normalnya untuk bayi yang berusia 7 bulan dan berikut ulasannya :

perkembangan bayi pada usia 7 bulan

Pertumbuhan motorik

Perkembangan bayi usia 7 bulan dalam hal perkembangan motoriknya sendiri sebenarnya bervariasi. Ada yang memiliki tanda-tanda sudah belajar merangkak dan berjalan. Ada juga yang melewati proses merangkak dan langsung belajar berjalan. Namun, pertumbuhan motorik yang normal pada bayi usia 7 bulan diliputi tanda-tanda seperti menegakkan punggung dan memutar badan. Tidak hanya itu, motorik pada bayi usia 7 bulan juga dapat dilihat saat si bayi dapat mengelompokkan dan menyusun mainannya sendiri. Perkembangan bayi usia 7 bulan juga memperlihatkan tanda-tanda aktivitas yang lebih agresif. Proses ini bisa dilihat saat si bayi menirukan dan mengikuti ekspresi orang terdekatnya.

Makanan

Pada usia 7 bulan, bayi juga dapat anda kenalkan pada makanan yang memiliki tekstur lebih padat. Makanan tersebut dapat berupa buah tumbuk dan nasi tim. Makanan seperti ini diberikan sebagai penunjang sumber nutrisi selain ASI (makanan pendamping ASI). Tidak hanya itu, makanan yang memiliki tekstur lebih padat juga dapat merangsang metabolisme dan adaptasi proses pencernaan si bayi terhadap makanan dengan tekstur yang berbeda dari biasanya.

Bahasa dan komunikasi

Bahasa dan komunikasi merupakan salah satu proses pertumbuhan yang sangat penting bagi seorang bayi. Perkembangan bayi usia 7 bulan dalam hal kemampuan bahasa dan komunikasinya ditandai dengan penyebutan kosakat sederhana seperti “ma” dan “pa”. Selain itu gestur lambaian tangan untuk tanda terhadap sesuatu juga merupakan tanda-tanda komunikasi pada bayi usia 7 bulan. Pada tahap usia ini otak si bayi sudah berkembang lebih baik, sehingga ia dapat memahami kata-lata dan gestur sederhana sebagai sarana komunikasi.

Tinggi dan berat badan

Untuk bayi usia 7 bulan sendiri, tinggi dan berat badan yang normal juga merupakan indikator yang penting. Pada tahap usia ini biasanya bayi laki-laki memiliki berat berkisar antara 6,7 sampai 10,2 kilogram dengan tinggi berkisar 65,1 sampai 73,2 centimeter. Sedangkan untuk bayi perempuan memiliki berat berkisar 6,1 sampai 9,5 kilogram dengan tinggi berkisar 62,9 sampai 71,6 centimeter.

Selain itu, ibu juga jangan lupakan untuk memperhatikan kesehatan kulit bayi. Pilihlah produk perawatan kulit bayi yang terbaik seperti Zwitsal. Dengan pemilihan produk perawatan kulit terbaik seperti Zwitsal, bayi ibu pun akan terjauhkan dari resiko masalah kulit saat bayi seperti masalah alergi salah satunya.

referensi artikel https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perkembangan-bayi-usia-7-bulan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *