Menggunakan Ramuan Tradisional: Daun Ketapang Pelancar ASI Terbaik?

Air susu dari sang ibu disebabkan pengaruh hormon Prolaktin dan Oksitosin sebagai pelancar asi . Apa itu hormon Prolaktin dan Oksitosin? Hormon ini hanya diproduksi dan didapat oleh seorang ibu persis setelah proses persalinan dan melahirkan.

ASI pertama yang keluar dari payudara ibu akrab disebut Kolostrum. Kegunaan Kolostrum amatlah banyak terutama untuk sang buah hati, selain dapat menebalkan tingkat imunitas sang bayi, Kolostrum mengandung immunoglobulin IgA yang sangat bagus melawan penyakit.

Banyak hal dan faktor yang menyebabkan setelah proses diatas yang sudah saya jelaskan, ASI menjadi tidak lancar seperti pertama kali. Inilah mengapa bagi bunda penting untuk mengetahui perihal pelancar ASI atau apapun itu yang membahas seputar payudara, ibu menyusui dan faktor penting lainnya.

Jangan sampai memberikan buah hati susu formula, susu kemasan atau susu dari perah sapi karena proses dan produktivitas ASI bunda terhambat. Sebaik-baiknya asupan bagi bayi, ASI eksklusif adalah yang paling baik.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI diantaranya adalah makanan, ketenangan jiwa dan pikiran, penggunaan alat kontrasepsi, perawatan payudara.

Ramuan Herbal Sebagai Pelancar ASI

Pada prakteknya, saat ini banyak ramuan herbal yang mengklaim bisa digunakan sebagai pelacancar ASI bunda menyusui. Memang, secara tradisional sejak jaman dahulu bahkan nenek moyang mulai mengajarkan menggunakan tanaman ketapang sebagai pelancar ASI tradisional. Apakah mujarab? Memang menurut studi ini cukup mendukung bahwa tanaman ketapang adalah salah satu bahan tradisional pelancar ASI terbaik.

Tanaman Ketapang, Ramuan Herbal Pelancar ASI Terbaik?

Menurut studi, daun ketapang mengandung flavonoid seperti Kaempferol atau Quercetin. Juga mengandung tanin seperti punicalin, punicalagin, tercatin, saponines dan phytosterols. Hal ini memang valid.

Ditambah, saat ini banyak ramuan herbal menggunakan tanaman ketapang sebagai bahan dasar ramuan herbal pelancar ASI.

Sedikit informasi, inilah beberapa kawasan atau negara yang memanfaatkan tanaman ketapang dan memaksimalkannya sampai batas terakhir, diantaranya;

1. Orang Taiwan banyak menggunakan tanaman ketapang sebagai ramuan penyakit hati
2. Di Suriname, tanaman ketapang sangat populer untuk obati penyakit disentri dan diare

YAP! Daun ketapang ternyata adalah bahan tradisional yang dipakai sejak lama oleh nenek moyang untuk kasus pelancar ASI. Untuk bunda, coba deh ramuan tradisional atau obat herbal berbahan dasar daun ketapang. Aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya, kok!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *